rute ganjil genap

Kota Jakarta adalah kota besar yang sudah terkenal dengankemacetan lalu lintasnya. Macet di Jakarta sudah cukup parah sehinggamengganggu aktifitas sehari-hari. Berbagai cara dilakukan untuk menguraikemacetan salah satunya adalah dengan menerapkan rute ganjil genap di beberapa ruas jalanbesar di ibukota. Cara ini dianggap cukup efektif sehingga pemerintah kotamemperpanjang penggunaannya dan menambah rute jalan yang menerapkan sistemtersebut.

Sebagai penduduk kota Jakarta atau Anda yang akan berkunjung ke ibukota dengan kendaraan pribadi, sebaiknya mengetahui apa itu pengaturan kendaraan dengan sistem ganjil genap. Sedikit info ganjil genap yaitu pengaturan untuk kendaraan bermotor yang boleh menggunakan ruas jalan tertentu sesuai dengan nomer plat kendaraan. Sehingga sangat penting untuk mengetahui apakah plat kendaraan Anda termasuk kategori ganjil atau genap yang bisa dilihat dari angka terakhir plat nomer. Kemudian Anda juga harus memperhatikan jam perjalanan dan rute jalan yang dipilih agar tak melanggar peraturan ganjil genap yang dijalankan.

Sejak pertengahan tahun 2018 lalu sebenarnya sistem ganjil genap sudah mulai diberlakukan di beberapa ruas jalan di Jakarta. Namun pada bulan Agustus lalu ruas jalan yang dikenai peraturan tersebut ditambah seiring dengan dijadikannya Jakarta sebagai tuan rumah Piala Asian Games dan Para Asian Games. Di awal bulan Desember ini secara resmi pemberlakukan ganjil genap diperpanjang hingga tanggal 31 Desember 2018.

Ruas jalan apa saja yang terkena sistem ganjil genap? Berikut adalah info ganjil genap yang berlaku di Jakarta hingga akhir tahun:

  • Jl. HR Rasuna Said.
  • Jl. MT Haryono.
  • Jl Jend. Gatot Subroto.
  • Jl.Jend S. Parman.
  • Jl. Jend Panjaitan.
  • Jl. Jend Ahmad Yani.
  • Jl. Benyamin Sueb.
  • Jl. Metro Pondok Indah.
  • Jl. RA Kartini.
  • Jl. Merdeka barat.
  • Jl. Gatot subroto.
  • Jl. Sudirman.
  • Jl. Sisingamangaraja.
  • Jl.MH Thamrin.
Baca Juga :  Harga Jual Motor PCX 2018 di Indonesia

Sebagian jalan tersebut sudah menggunakan sistem ganjil genap dari pertengahan tahun dan sebagian lagi baru menggunakannya di bulan Agustus.

Selain mengetahui plat kendaraan Anda sendiri dan rute jalan yang menggunakan sistem ganjil genap, Anda juga harus mengetahui jadwal pemberlakukan peraturan tersebut. Jika pada pertengahan tahun ini sistem ganjil genap diberlakukan mulai pagi hingga malam, mulai Agustus lalu, ganjil genap hanya diberlakukan di jam-jam sibuk saja yaitu pukul 06.00-10.00 dan 16.00-20.00. Dengan demikian Anda bisa mengatur rute perjalanan saat pulang kerja atau berangkat kerja agar disesuaikan dengan nomer plat kendaraan yang digunakan. Jika plat yang dipakai berlainan dengan peraturan yang saat itu diterapkan, sebaiknya menjadi jalur alternatif lain yang memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan. Peraturan ganjil genap resmi diberlakukan oleh pemerintah sehingga jika ada pelanggaran akan ditindak sesuai dengan sistem hukum lalu lintas yang berlaku.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai sistem ganjil genap diibukota. Menciptakanketeraturan dalam berkendara sesuai dengan peraturan pemerintah adalah sebuahkewajiban. Jika Anda melanggar, maka akan ada sanksi yang dibebankan yaituberupa pembayaran tilang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pelajariterlebih dahulu rute perjalanan yang akan sering Anda lalui di Jakarta jikaAnda adalah pendatang baru agar tidak terjebak saat diberlakukannya sistemganjil genap. Selain itu lengkapilah surat-surat kendaraan yang digunakan agaraman dan nyaman saat berkendara di jalan raya.