yamaha jupiter

Bagisebagian orang memiliki motor adalah hal yang penting untuk mendukung aktivitassehari-harinya. Untuk kaum hawa mungkin akan lebih memilih motor jenis skuteratau matic, sedangkan untuk para pria akan memilih jenis sport atau bebek.Beberapa jenis motor bebek pun banyak yang ditawarkan di pasaran. Dari hargadan variasi warnanya juga beragam, bahkan memiliki keunggulan yangberbeda-beda. Motor bebek sendiri sudah dikenal lama di Indonesia, danperkembangannya juga terbilang pesat. Sebagai perwujudan dari impian Anda yanghaus akan keunggulan dari motor bebek, kini Yamaha mempersembahkan MX King dan YamahaJupiter. Kedua jenis motor ini sebenarnya sudah diperkenalkan sejak tahun2005, tetapi kisahnya seperti tidak pernah habis ditelan masa. Lalu, apa yang membuat rilisan Yamaha ini tetap bertahan? Pastinya baik MX King dan Yamaha Jupiter MX 135 ini memiliki keunggulan. Untuk Anda yang belum tahu, tetap simakulasan berikut ini.

  1. Jupiter MX 135

Motor dengan mesin 135 cc sudah termasuk motor yang berspesifikasi canggih pada tahun rilisannya. Motor ini juga mengusung radiator yang mana bermanfaat untuk menjaga suhu mesin agar selalu dalam keadaan yang stabil. Untuk pasokan bensin karburator sudah disertai dengan TPS. Apa itu TPS? Apakah dia sangat berpengaruh pada motor kita? TPS adalah Throttle Position Sensor yang memiliki fungsi untuk menghemat bahan bakar dan membuat akselerasi lebih bagus.

  • New Jupiter MX 135

Generasi kedua dari motor tipe ini keluar pada tahun 2010. Tidak hanya nama yang berganti, tetapi desain juga terlihat berbeda. Untuk bodinya terlihat lebih tegas dan tajam dibanding motor sebelumnya. Mesin yang diusung pada generasi ini tetap sama seperti sebelumnya yaitu berkapasitas 135 cc dengan 4 katup SOHC. Sebenarnya apa itu SOHC? SOHC atau Single Overhead Camshaft berfungsi untuk menghisap udara yang bercampuran dengan bahan bakar ke ruang bakar, selain itu SOHC juga dapat menarik sisa pembakaran ke arah knalpot. Kelebihan pada motor kali ini ditambah kecepatannya menjadi 12,34 dk yang sebelumnya hanya 11,33 dk di 8.500 rpm.

  • MX King 150 dan Jupiter MX 150
Baca Juga :  Rekomendasi Merk Oli Terbaik Untuk Motor Anda

Tidak tanggung-tanggung, Yamaha meluncurkan dua unit terbaru motor bebeknya dalam waktu yang bersamaan yaitu pada tahun 2015. Ya inilah andalan Yamaha sekarang, MX King 150 dan Jupiter MX 150. Walaupun dirilis pada tahun yang sama, bukan berarti desain dan fitur yang dimiliki kedua motor ini pun sama. Mereka tetap memiliki ciri khas desain dan fitur masing-masing. Untuk mesin motor keduanya dibuat menjadi 150 cc. MX King sendiri memiliki kelebihan pada desainnya yang aerodinamis, joknya lebih empuk dan lebar, serta dilengkapi dengan fitur bagus lainnya seperti ban belakang yang lebih besar. Lalu, apa yang membedakan di antara keduanya ini?

Dari pilihan warnanya sudah berbeda ya, MX didominasi warna yang gelap sedangkan Jupiter MX didominasi warna putih dengan kombinasi warna putih dan biru, putih dan merah, serta satu warna gelap yaitu red corner. Dari segi harganya pun berbeda karena MX King dijual lebih mahal dibanding Jupiter MX. Untuk pijakan kaki pada Yamaha Jupiter MX bersifat paten, sedangkan untuk MX King sudah memakai pijakan kaki yang dapat dilipat. Untuk jahitan bagian jok Jupiter MX terlihat lebih polos jika dibandingkan dengan MX King yang memiliki kesan lebih mahal.

Demikian ulasan terkait perkembangan dari motor bebek Yamaha, Anda jatuh hati pada yang mana?

Untuk mengetahui sejarah lengkap dari Yamaha Jupiter, Anda dapat mengunjungi tautan berikut ini: